Coldplay - Everglow | Makna Terjemahan Arti Lirik Lagu

Arti Kata 'Everglow'adalah 'selalu bersinar'. Kata ini merujuk pada pemikiran bahwa akan selalu ada sinar (hikmah) dibalik kesedihan yang kita alami.

Everglow adalah lagu sarat emosi, yang ditulis oleh Chris Martin (Vokalis Coldplay) setelah ia dan kekasihnya berpisah. Karena kesedihan dari bait-bait lirik dan iringan musiknya, Everglow kemudian menjadi salah satu lagu terpopuler Coldplay, dan sering dimainkan Coldplai dalam setiap live konsernya. Berikut merupakan makna terjemahan arti lirik lagu Everglow milik Coldplay.

Daftar Isi

Makna Lirik

Makna lagu Everglow menceritakan tentang kesedihan hati Chris Martin (Vok.Coldplay), karena melihat hubungannya dengan sang kekasih harus kandas. Perpisahan itu kemudian juga meninggalkan luka teramat dalam di hati Chris, mengingat ia masih begitu mencintai kekasihnya dan ingin mempertahankan hubungan tersebut. Namun sayang, takdir seolah berkata lain.

Entah apa alasan yang membuat Chris dan kekasihnya berpisah. Mungkin ia dan kekasihnya sudah tak sepemikiran. Mungkin ia dan kekasihnya sering bertengkar. Atau Mungkin kekasihnya sudah tak mencintai Chris lagi. Sehingga satu-satunya jalan terbaik bagi mereka berdua, hanyalah dengan berpisah.

Meski perpisahan itu meninggalkan luka teramat dalam, namun Chris selalu belajar untuk iklas dan bersikap dewasa dalam menerima perpisahan tersebut. Karena dengan bersikap dewasa, Chris akan menerima perpisahan sebagai pelajaran hidup. Karena dengan bersikap dewasa, Chris juga akan menerima perpisahan dengan iklas dan lapang dada, tanpa sebuah dendam dan amarah.

Lirik-lirik di lagu Everglow, sebenarnya adalah kisah nyata, tentang hubungan percintaan antara Chris Martin (vokalis Coldplay) dan Gwyneth Paltrow yang berpisah secara baik-baik. Liriknya sendiri di tulis oleh mereka berdua, dan sepertinya ingin menekankan tentang perasaan yang hangat, bahagia, walaupun dalam suasana perpisahan. Sebuah tema lagu yang menyentuh, karena walau bagaimanapun yang namanya perpisahan itu pasti ada kesedihan di dalamnya.

Kata 'Everglow' sendiri, artinya adalah 'selalu bersinar'. Kata ini, merujuk pada pemikiran Chris Martin yang akan selalu menganggap kalau kekasihnya adalah sosok yang baik, dan sosok yang akan selalu menyinari hidupnya, sekalipun mereka sudah berpisah.

Saat diwawancarai oleh majalah Songfact mengenai makna liriknya, Chris Martin kemudian mengatakan;

"Lagu ini menggambarkan sikap yang harus anda ambil saat suatu hubungan berakhir, dengan mengambil segala hal yang baik dari hubungan itu (mengambil hal baik dan mengambil pelajaran dari hubungan yang telah berakhir tersebut)"

Analisis Lirik (per-bait)

Untuk memperjelas makna lirik lagunya, mari kita interpretasi dan analisis saja bait-bait liriknya secara mendalamlebih jelasnya kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan lirik lagunya.

Lirik bagian 1:
They say people come, say people go
(Kata pepatah, orang-orang datang dan pergi)
This particular diamond was extra special
(Tapi berlian yang satu ini sungguh istimewa)
And though you might be gone, and the world may not know
(Dan meskipun kau mungkin akan pergi, dan dunia mungkin tidak tahu)
Still I see you, celestial
(Aku tetap melihatmu, diangkasa)

Makna lirik bagian 1: Lagu dibuka oleh pemikiran Chris Martin yang menganggap kalau kehidupan ini, tak ada yang abadi dan selalu berubah-ubah. Jika ada awal pasti ada akhir, jika ada yang datang pasti ada yang pergi. Seperti yang tergambar dalam lirik (They say people come, say people go / Kata pepatah, orang-orang datang dan pergi).

Begitupun dalam kisah percintaan antara Chris dan kekasihnya. Jika dulu mereka pernah merajut hubungan, maka kini sudah waktunya bagi mereka untuk mengakhiri hubungan tersebut.

Namun, sekalipun Chris dan kekasihnya sudah berpisah, perasaan Chris pada kekasihnya seolah tak berubah. Chris akan tetap meganggap jika kekasihnya adalah wanita yang begitu spesial, dan begitu berharga layaknya berlian.

Lirik bagian 2:
Like a lion you ran, a goddess you rolled
(Kau berlari bak singa, kau berayun bak dewi)
Like an eagle you circle, in perfect purple
(Kau berkelana bak elang, terbalut warna merah jambu sempurna)

Makna lirik bagian 2: Meskipun Chris dan kekasihnya sudah tak bersama lagi, Chris bahkan selalu memuji kekasihnya. Seperti di lirik (a goddess you rolled / kau berayun bak dewi), Chris berusaha menggambarkan kalau kalau kekasihnya bak dewi. Atau bagaikan seorang putri yang terbalut gaun merah jambu menawan. Dalam lirik bagian 2 ini, Chris seolah-olah masih begitu mencintai kekasihnya.

Lirik bagian 3:
So how come things move on?
(Jadi bagaimana mungkin segalanya terus bergerak?)
How come cars don’t slow?
(Bagaimana bisa mobil-mobil tak melambat?)
When it feels like the end of my world
(Saat hal ini terasa seperti akhir duniaku)
When I should, but I can’t, let you go?
(Saat aku harus melakukan, tapi aku tak mampu, tuk melepas kepergianmu?)

Makna lirik bagian 3: Seandainya Chris dapat menghentikan waktu, dapat menghentikan segala yang bergerak, dapat menghentikan laju mobil-mobil. Ia pasti akan menghentikan perpisahan yang terjadi antara dirinya dan kekasihnya. Namun sayang, ia hanyalah manusia biasa yang tak bisa menghentikan waktu, sehingga perpisahan itu tak dapat dicegah.

Mengetahui kenyataan kalau dirinya harus berpisah dengan wanita yang begitu sempurnya dan begitu ia cintai, membuat Chris Martin seolah tak kuasa. Chris benar-benar tak mampu untuk melepas kepergian kekasihnya. Namun mau bagaimana lagi, takdir mengatakan kalau mereka memang harus berpisah.

Lirik bagian 4 (reff)
But when I’m cold, cold.. oh, when I’m cold, cold..
(Namun saat aku merasa kedinginan.. oh, saat aku merasa kedinginan..)
There’s a light that you give me when I’m in shadow
(Ada cahaya yang kau berikan padaku saat aku berada dalam bayangan)
There’s a feeling you give me, an everglow
(Ada perasaan yang kau berikan padaku, yang kan terus bersinar)

Makna lirik bagian 4 (reff): Lirik cold/dingin, mengacu pada perasaan Chris Martin yang begitu sedih, terluka, hampa, tak berdaya, karena mengetahui jika ia dan kekasihnya harus berpisah.

Meski begitu, Chris selalu belajar untuk iklas dan bersikap dewasa dalam menerima perpisahan tersebut. Karena mungkin saja, lewat perpisahan itu, hidup Chris dan kekasihnya akan lebih bahagia kedepannya.

Kata 'Everglow' sendiri, artinya adalah 'selalu bersinar'. Kata ini, merujuk pada pemikiran Chris Martin yang akan selalu menganggap kalau kekasihnya adalah sosok yang baik, dan sosok yang akan selalu menyinari hidupnya, sekalipun mereka sudah berpisah.

Karena walau bagaimanapun, seorang mantan tetaplah akan menjadi bagian dari cerita hidup kita. Meskipun mantan tersebut telah pergi dari hidup kita, kadang seorang mantan seolah meninggalkan cahaya (kenangan indah, kenangan spesial) di dalam diri kita yang akan selalu bersinar.

Lirik bagian 5:
Like brothers in blood, sisters who ride
(Seperti saudara sedarah, seperti saudari seperjalanan)
And we swore on that night we’d be friends 'til we die
(Dan kita bersumpah di malam itu kita kan berteman hingga mati)

Makna lirik bagian 5: alih-alih merasa benci dan dendam pada kekasihnya karena perpisahan tersebut, Chris memilih untuk berpisah secara baik-baik dengan kekasihnya. Bertemu baik-baik, berpisah pun harus baik-baik.

Kalau sudah tak bisa bersama sebagai kekasih, setidaknya tak menjadi musuh. Lebih baik menjadi saudara, jadi adek, jadi kaka gitu hehe. Atau jadi sahabat.

Sikap hangat dalam sebuah perpisahan mungkin saja sangat sulit diterapkan bagi sebagian orang. karena bagaimanapun, perpisahan acap kali berujung dengan luka. Tapi itu jauh lebih baik jika dibanding harus saling bermusuhan kan?

Lirik bagian 6:
But the changing of winds, and the way waters flow
(Namun perubahan angin, dan aliran air)
Life is short as the falling of snow
(Hidup ini singkat seperti jatuhnya salju)
And now, I’m gonna miss you, I know
(Dan kini, aku kan merindukanmu, aku tahu)

Makna lirik bagian 6: Inilah hidup. bahwa hidup ini layaknya aliran air dan angin yang mendorong kita ke berbagai arah sepanjang hidup kita. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha, tanpa pernah tahun takdir akan mengarahkan kita kemana.

Seperti halnya hidup Chris martin, ia merasa baru kemarin ia dan kekasihnya menjalin romansa bersama. Namun sekarang tiba-tiba segalanya pergi, dan yang bisa dilakukannya hanyalah merindukan kekasihnya. Hidup seolah begitu singkat, layaknya salju yang jatuh dari langit ke tanah.

Lirik bagian 7:
So if you love someone, you should let them know
(Maka jika kau mencintai seseorang, kau harus memberitahunya)
The light that you left me will everglow
(Cahaya yang kau tinggalkan untukku akan terus bersinar)

Makna lirik bagian 7: Lirik 7 ini adalah lirik penutup. Dilirik ini Chris martin berusaha menasihati para pendengarnya untuk menjalani hidup sebaik mungkin. Jika kita memiliki seseorang yang begitu kita cintai, pertahankan sekuat tenaga, dan beritahu dirinya kalau kita begitu mencintainya.

Jangan seperti Chris Martin, mungkin dulu, ia tak begitu mengusahakan hubungannya dengan sang kekasih, sehingga ia dan kekasihnya harus berpisah.

Kesimpulan

Setelah kita interpetasi dan maknaib keseluruhan liriknya maka jelaslah bahwa makna lagu Everglow menceritakan tentang kepedihan hati Chris Martin (Vok.Coldplay), karena melihat hubungannya dengan sang kekasih harus kandas. Perpisahan itu kemudian juga meninggalkan luka teramat dalam di hati Chris, mengingat ia masih begitu mencintai kekasihnya dan ingin mempertahankan hubungan tersebut. Namun sayang, takdir seolah berkata lain, hubungan mereka tetap tak bisa diperbaiki.

Meski begitu, Chris selalu belajar untuk iklas dan bersikap dewasa dalam menerima perpisahan tersebut. Karena mungkin saja, lewat perpisahan itu, Chris dan kekasihnya bisa belajar untuk memaknai cinta yang sesungguhnya, sehingga kedepannya, hidup Chris dan kekasihnya akan lebih bahagia.

Keterangan ini, sama dengan apa yang dikatakan Chris Martin saat diwawancarai koran dailymail;

"setelah Anda mengalami kesedihan akan sesuatu, Anda juga mendapatkan bebarapa hal yang kan selalu bersinar (everglow), sebagai sebuah pelajaran"

Lewat lagu Everglow ini, Chris Martin juga berusaha menekankan pada pendengarnya untuk senantiasa memperjuangkan dan mempertahankan seseorang yang begitu kita cintai. Jika kita tidak mempertahankan semua itu, maka dikemudian hari kita pasti menyesal. Selayaknya penyesalan Chris martin yang tak sungguh-sungguh dalam mempertahankan cintanya, sehingga ia kemudian menyesal karena kekasihnya pergi meninggalkannya.

Hidup ini tak ada yang abadi, ada yang datang ada yang pergi. Hidup ini tak konstan, takdir bisa membawa kita kemana saja. Hidup ini juga singkat, sesingkat turunya salju dari langit ke tanah.

Maka jalanilah hidup sebaik mungkin, jangan sampai ada penyesalan. Jika kamu mencintai dia, segera katakan, sebelum kamu menyesal. Jika kamu mencintai dia, maka perjuangkan, sebelum kamu menyesal karena melihat ia pergi meninggalkanmu.... Lagu yang luar biasa.

Terjemahan Arti Lirik

Arti Kata 'Everglow'adalah 'selalu bersinar'. Kata ini merujuk pada pemikiran bahwa akan selalu ada sinar (hikmah) dibalik kesedihan yang kita alami. Misalnya, saat kita merasa sedih karena patah hati, ingatlah bahwa akan selalu ada hikmah dan kebaikan dibalik patah hati tersebut. Oleh sebab itu, sikapilah segala sesuatu dengan pikiran yang positif, jangan malah selalu membenci.

Verse 1:
They say people come, say people go
Kata pepatah, orang-orang datang dan pergi
This particular diamond was extra special
Tapi berlian yang satu ini sungguh istimewa
And though you might be gone, and the world may not know
Dan meskipun kau mungkin akan pergi, dan dunia mungkin tidak tahu
Still I see you, celestial
Aku tetap melihatmu, diangkasa

Verse 2:
Like a lion you ran, a goddess you rolled
Kau berlari bak singa, kau berayun bak dewi
Like an eagle you circle, in perfect purple
Kau berkelana bak elang, terbalut warna merah jambu sempurna
So how come things move on?
Jadi bagaimana mungkin segalanya terus bergerak?
How come cars don’t slow?
Bagaimana bisa mobil-mobil tak melambat?
When it feels like the end of my world
Saat hal ini terasa seperti akhir duniaku
When I should, but I can’t, let you go?
Saat aku harus melakukan, tapi aku tak mampu, tuk melepas kepergianmu?

Chorus/Reff:
But when I’m cold, cold
Namun saat aku merasa kedinginan
Yeah, when I’m cold, cold
Yeah, saat aku merasa kedinginan
There’s a light that you give me when I’m in shadow
Ada cahaya yang kau berikan padaku saat aku berada dalam bayangan
There’s a feeling you give me, an everglow
Ada perasaan yang kau berikan padaku, yang kan terus bersinar

Verse 3:
Like brothers in blood, sisters who ride
Seperti saudara sedarah, seperti saudari seperjalanan
And we swore on that night we’d be friends 'til we die
Dan kita bersumpah di malam itu kita kan berteman hingga mati
But the changing of winds, and the way waters flow
Namun perubahan angin, dan aliran air
Life is short as the falling of snow
Hidup ini singkat seperti jatuhnya salju
And now, I’m gonna miss you, I know
Dan kini, aku kan merindukanmu, aku tahu

Chorus/Reff:
But when I’m cold, cold
Namun saat aku merasa kedinginan
In water rolled, salt
Dalam gulungan air, pedihnya garam
And I know that you’re with me and the way you will show
Aku tahu kau bersamaku dan kau kan tunjukan jalannya
And you’re with me wherever I go
Dan kau bersamaku kemana pun aku pergi
And you give me this feelin', this everglow
Dan kau memberiku perasaan ini, yang kan terus bersinar

Bridge:
Oh, what I would give for just a moment to hold
Oh, yang ingin kuberikan hanyalah pelukan sesaat
Yeah, I live for this feelin', this everglow
Yeah, aku hidup demi perasaan ini, yang terus bersinar

Outro:
So if you love someone, you should let them know
Maka jika kau mencintai seseorang, kau harus memberitahunya
The light that you left me will everglow
Cahaya yang kau tinggalkan untukku akan terus bersinar

Informasi Lirik

Judul Artis Penulis Album Dirilis Label Genre
Everglow Coldplay Chris Martin, Will Champion, Guy Berryman, Jonny Buckland A Head Full of Dreams (2015) 11 November 2016 Parlophone Rock, Soft rock

Video Klip Lagu

Penutup

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi makna, arti dan terjemahan di lirik lagu everglow milik Coldplay ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Oleh sebab itulah postingan di blog ini, masih jauh dari kata sempurna, maka jika kalian punya pemikiran lain dari lagu ini, mohon untuk menuliskan komentar dibawah.